Pelaksanaan Wisuda Angkatan I Tahun Akademik 2018/2019

Pelaksanaan Wisuda Angkatan I Tahun Akademik 2018/2019

Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Bone melaksanakan wisuda angkatan 1 Tahun Akademik 2018/2019 di ged aula kampus, Kelurahan Waetuo, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Selasa (27/8/2019). Dalam acara wisuda tersebut, 82 lulusan yang terdiri dari Program Studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI) sebanyak 27 wisudawan; Teknik Budidaya Perikanan (TBP) sebanyak 32 wisudawan; dan Teknik Kelautan (TKL) sebanyak 23 wisudawan dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T dan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, M. Zulficar Mochtar, S.T., M.Sc

 Orasi ilmiah disampaikan oleh Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si selaku Bupati Bone mengenai pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan yang inovatif, berkarakter, berintegritas, produktif dan kompetitif.

 Andi Sudirman Sulaiman, S.T selaku Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, mengharapkan para wisudawan harus dapat mengaplikasikan seluruh ilmu pengetahuan yang diperoleh selama pendidikan karena Indonesia saat ini sedang fokus pada bidang kelautan dan perikanan. Perlihatkan pada dunia bahwa sumber daya manusia dari Indonesia, terutama Sulawesi Selatan mampu mengelola laut dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, M. Zulficar Mochtar, S.T., M.Sc yang mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, di awal sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara maritim yang hebat. Pembangunan SDM diperlukan karena ke depan akan menjadi kunci pengelola sektor kelautan dan perikanan. Sektor kelautan dan perikanan Indonesia akan unggul, maju, dan kompetitif, jika sumber daya manusianya terlebih dulu unggul.

Turut hadir pula dalam wisuda ini Danrem 141 Toddopuli, Kepala Pengadilan Watampone, Kapolres Bone, Dandim Bone, Ka. Jari Bone, Ka. Pusriskan KKP, Dandem POM, Dan Yon Brimob, Ka. Diskan TK.1 Sul-Sel, Anggota DPRD Prov. Sul-Sel, Kadiskan Bone, Kadishub Bone dan tamu kehormatan lainnya.

Adapun taruna yang mendapatkan prestasi Adhi Widya Taruna atas nama Hardiansa, A.Md.Pi (Prodi Teknik Penangkapan Ikan), A. Yuspita Dwi Rezky, A.Md.Pi (Prodi Teknik Budidaya Perikanan), Wahyu, A.Md.Pi (Prodi Teknik Kelautan). Taruna yang mendapatkan prestasi Adhi Karya atas nama Sukma Putra Maulana, A.Md.Pi (Prodi Teknik Penangkapan Ikan).

Setiap lulusan dibekali dengan sertifikat baik untuk keterampilan umum dan juga khusus. Sertifikat untuk keterampilan umum meliputi pendidikan Bahasa Inggris (Briton), TOEFL, BST, dan AFF. Sertifikat ini dimiliki oleh semua lulusan. Sedangkan sertifikat untuk keterampilan khusus diberikan oleh tiap program studi kepada lulusan di bidang keilmuan masing-masing. Sertifikat ANKAPIN I dan buku pelaut diberikan untuk lulusan prodi Teknik Penangkapan Ikan, sertifikat CPIB dan kompetensi teknik budidaya perikanan diberikan untuk lulusan Prodi Teknik Budidaya Perikanan, dan sertifikat SCUBA dan teknik produksi garam diberikan untk lulusan prodi Teknik Kelautan.