Webinar Desiminasi Hasil-Hasil Penelitian Politeknik KP Bone

Webinar Desiminasi Hasil-Hasil Penelitian Politeknik KP Bone

Telah dilaksanakan Webinar Desiminasi Hasil-Hasil Penelitian Politeknik Kelautan dan Perikana Bone Tahun 2021 dengan tema "Penelitian Terapan Untuk Keberlanjutan Kelautan dan Perikanan pada Selasa (21/12/2021).

Webinar ini diselenggarakan sebagai bentuk partisipasi Politeknik KP Bone dalam memperingati Hari Nusantara melalui Pekan Webinar oleh UPT lingkup Kementerian KP. Webinar ini juga sebagai salah satu kegiatan dalam rangka memperingati dies natalis Politeknik KP Bone yang Ke-5.

Webinar dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan KP Bapak Dr. Bambang Suprakto, A.Pi., S.Pi., M.T. yang menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya webinar ini. Sementara itu, Direktur Politeknik KP Bone Ibu Dra. Ani Leilani, M.Si. dalam sambutannya berharap agar hasil–hasil penelitian terapan dapat memberikan solusi atas masalah yang dihadapai oleh masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan serta dapat diimplementasikan.

Hadir sebagai pembicara utama pada kegiatan ini yaitu Bapak Ir. Rijal Idrus, M.Sc., Ph.D yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas yang menyampaikan materi berjudul Tantangan Peran Peneliti dalam Memasuki Era Disrupsi.

Webinar desiminasi hasil-hasil penelitian diikuti oleh lima judul penelitian, yaitu:
1. Rekayasa alat pemanggil ikan berbasis gelombang bunyi pada perikanan bagan, dibawakan oleh Bapak Arham Rumpa, M.Si
2. Pemanfaatan efek gyroscopic sebagai peredam gerak oleng pada model kapal penangkap ikan, dibawakan oleh Bapak Paduartama Tandipuang, M.Si.
3. Pertumbuhan, produksi dan kualitas rumput laut dalam remediasi limbah tambak udang intensif, dibawakan oleh Bapak Muhammad Syahrir, M.Si.
4. Perbedaan laju pertumbuhan karang yang ditrasplantasi pada rangka spider dengan kedalaman berbeda di Perairan Teluk Bone, dibawakan oleh Bapak Muchtar Amiluddin, M.Si.
5. Analisis logam berat Pb dan Cd pada lamun Thalassia hemprichii dan Enhalus acoroides di Pulau Sembilan, dibawakan oleh Ibu Katarina Hesty Rombe, M.Si.