Webinar Perencanaan Ide Bisnis dan Strategi Marketing
Watampone (06/02). Salah satu rangkaian Kegiatan Kewirausaahan Taruna Tahun 2022 yaitu webinar Perencanaan Ide Bisnis dan Strategi Marketing telah dilaksanakan pada Selasa 05/04/22. Pada webinar kali ini, para taruna mendapatkan banyak wawasan terkait bagaimana merencanakan usaha, mencari ide bisnis dan strategi marketing memanfaatkan media sosial dan market place. Kegiatan webinar dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan secara daring yang turut memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan.
Materi pertama disampaikan oleh Ir. Tony Hartus, M.Si yang merupakan konsultan agribisnis. Beliau membawakan materi dengan topik “Memulai dan Menggerakkan Usaha”. Dalam paparan beliau, memulai wirausaha diibaratkan seperti mendorong mobil yang membutuhkan kita untuk mengerahkan tenaga yang besar. Tetapi ketika roda mobil bergerak, maka tentunya akan lebih mudah mendorongnya. Beliau juga menyampaikan perlunya para calon wirausahawan untuk jeli melihat peluang dari kebutuhan manusia sehingga melahirkan permintaan.
Materi kedua dibawakan oleh Bapak Renanta Anindia Wardana, S.St.Pi., M.M. yang adalah owner dari Tanabe Food, digital marketer serta pendamping UMKM. Beliau menyampaikan materi dengan topik “Menjadi Pengusaha Milenial dengan Digital Marketing. Pada sesi ini, ulasan banyak difokuskan pada strategi dalam mencari ide berwirausaha dan bagaimana memanfaatkan media sosial dan market place untuk memperluas jangkauan pemasaran, termasuk cara memulai usaha, contoh produk dan cara pemasaran yang cocok, membuat promosi yang efektif, serta platform yang sesuai berdasarkan segmentasi konsumen dan produk yang ditawarkan.