SDM Unggul Kunci Sukses Pembangunan KP

SDM Unggul Kunci Sukses Pembangunan KP

(Rabu,04/9/2019) Maros - “Presiden Joko Widodo, dalam Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2019 menyatakan bahwa dalam menghadapi persaingan global, harus memiliki kreativitas, inovasi, dan kecepatan. Cara-cara lama yang tidak kompetitif harus ditinggalkan dan diubah dengan mengadopsi cara baru dengan terobosan dan lompatan. Presiden menyatakan bahwa kita tidak cukup hanya lebih baik dari sebelumnya, tetapi kita juga harus lebih baik dari yang lainnya. Hal ini agar menjadi perhatian kita bersama dari level tertinggi sampai terendah,” tegas Sekretaris Badan riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Maman Hermawan.

Hal tersebut disampaikan Maman Hermawan dalam arahannya pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional Peneliti di Lingkungan BRSDM, 4 September 2019, di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3).

Dalam hal pendidikan, disampaikan bahwa tantangan besar saat ini adalah bagaimana lulusan dapat terserap di bidang kelautan dan perikanan dan lebih jauh lagi mampu menjadi pelaku utama bidang kelautan dan perikanan yang memiliki keterampilan.

“Kita butuh SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila, yang toleran, yang berakhlak mulia, yang terus belajar, bekerja keras, dan berdedikasi. Pendidikan vokasi dan pelatihan yang diselenggarakan oleh KKP harus berkualitas, serta dapat memenuhi kebutuhan industri kelautan dan perikanan, yang didukung dengan semakin kuatnya sistem penyuluhan dibidang kelautan dan perikanan. SDM kita harus kompetitif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan, agar kompetitif di tingkat regional dan global,” terang Maman Hermawan.

Di samping itu pihaknya mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) ligkup BRSDM untuk mengubah pola pikir untuk melayani, bukan dilayani, mengubah paradigma dengan inovasi dalam program kerja, serta membangun talent-talent menjadi SMART ASN, yang siap untuk peran di masa depan, agar terwujud ASN yang memiliki integritas, nasionalisme, profesional, berwawasan global, menguasai IT dan bahasa, melayani, memiliki networking, dan berjiwa enterpreuner.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Tentang Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan BRSDM KKP, pejabat yang dilantik adalah:
1. Yvonne Indrajati Pattinaja dalam jabatan Dosen jenjang Lektor pada Politeknik KP Sidoarjo
2. Nurwahiddin dalam jabatan Dosen jenjang Lektor pada Politeknik KP Bone
3. Arham Rumpa dalam jabatan Dosen jenjang Lektor pada Politeknik KP Bone
4. Yunarty dalam jabatan Dosen jenjang Lektor pada Politeknik KP Bone
5. Budiyati dalam jabatan Dosen jenjang Lektor pada Politeknik KP Bone
6. Khairudin Isman dalam jabatan Dosen jenjang Lektor pada Politeknik KP Bone
7. Irwan dalam jabatan Dosen jenjang Lektor pada Politeknik KP Bone
8. Mad Toip dalam jabatan Arsiparis Ahli Muda pada Sekretariat BRSDM
9. Tenri Santy Ridwan dalam jabatan Pengelola Pengadaan Barang Jasa Ahli Muda pada Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan

“Pada kesempatan ini saya atas nama Pimpinan menyampaikan ucapan selamat kepada Bapak Ibu sekalian yang baru dilantik. Sesuai Peraturan Menteri PAN RB No 13 Tahun 2019 bahwa pejabat fungsional berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional pada instansi pemerintah, memiliki tugas memberikan pelayanan fungsional berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu dan setiap pejabat fungsional harus menjamin akuntabilitas jabatan. Selanjutnya sesuai permen PAN RB di atas diatur bahwa masing-masing jenjang memiliku target angka kredit yang harus dicapai setiap tahun,” tutur Maman Hermawan.

Hadir pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional Peneliti di Lingkungan BRSDM, Plt. Kepala BRPBAP3, Plt. Direktur Politeknik KP Bone, Kepala SUPM BONE, serta Pejabat Eselon II dan III Lingkup BRSDM.